Categories: FolkorMakam

Syekh Maulana Maghribi

Share

Makam Syekh Maulana Maghribi terletak di bukit Sentana, desa Parangtritis (pesisir pantai selatan) Yogyakarta. Sebelum memasuki makam, peziarah akan disambut oleh sebuah gapura yang bentuknya mirip candi Bentar. Perbedaannya adalah di atasnya disatukan oleh yang namanya Tengara. Makam yang terletak di sebelah kiri jalan utama menuju pantai Parangkusumo dan pantai Parangtritis ini, tidak menyediakan lahan parkir bagi peziarah. Biasanya kendaraan hanya diparkir di sepanjang jalan dan di depan kios atau warung pinggir jalan raya.

Lokasi Makam

Untuk menuju makam, peziarah juga mesti menaiki anak tangga satu per satu. Di sepanjang perjalanan setapak, dijumpai menjulangnya pohon-pohon rindang dan pemandangan indah laut selatan. Di ujung anak tangga terdapat masjid An-Nur. Makam Syekh Maulana Maghribi terlihat seperti bangunan terkatup yang kemudian disebutnya bangunan cungkup. Di depan makam juga terdapat semacam prasasti dan peninggalan sejarah lainnya. Bangunan juga tertata rapi oleh kayu-kayu ukiran. Biasanya terdapat juru kunci yang menunggui peziarah di cakruk pojok makam dan berpakaian adat Jawa.

Baca Juga : Mbah Soleh Ampel

Setelah berziarah, perjalanan pulang juga dimanjakan dengan oleh-oleh/ buah tangan di sekitar makam, seperti buku kisah Syekh Maulana Maghribi, air barokah, dan makanan khas pesisir pantai selatan lainnya. Perjalanan dari gapura pinggir jalan raya sampai makam sekitar 15 menit. Biasanya di pelataran makam para peziarah menempatkan menikmati pemandangan pantai selatan dari atas bukit dan mengabadikan dengan foto-foto.

Sampai saat ini masih banyak kisah tentang sosok Syekh Maulana Maghribi. Ada yang mengatakan bahwa beliau adalah Sunan Gresik, nama lain dari Maulana Malik Ibrahim. Namun ada juga yang berpendapat bahwa makam yang ada di desa Parangtritis tersebut hanyalah petilasan dan kemudian masih banyak versi lainnya. Satu yang pasti, beliau adalah ulama yang turut berdakwah menyebarkan ajaran Islam di tanah Bantul dan sekitarnya.

Selengkapnya untuk menyimak kisah mengenai banyaknya versi makam Syaikh Maulana Maghribi, bisa dicek dalam tulisan berikut ini.

* Jika ingin berziarah ke makam Syaikh Maulana Maghribi bisa menghubungi koordinator Seniman NU Regional Yogyakarta

Joko Yuliyanto – Seni tablig Seniman NU