Categories: LiputanSimponi

SNU Berbakti: Platform Database untuk Ansor Klaten

Share

Jumat (16/8) kemarin, Komunitas Seniman NU mulai bergerak untuk melakukan kegiatan bakti kepada banom PC Ansor Kabupaten Klaten. Beberapa bulan yang lalu juga sudah diadakan pertemuan dengan pengurus Ansor Pimpinan Cabang. Intinya membuat sebuah program informasi database keanggotaan ansor dan banser se-kabupaten Klaten.

Pengurus SNU bidang Seni Media, Maulida Goldy Firdausi (Mahasiswa Undip) yang menggagas program ini. Ke depannya bisa menjadi percontohan bagi Ansor Pimpinan Cabang yang lainnya. Program ini dinamai Sistem Informasi Manajemen Organisasi Ansor. Tujuan dari program SIMOA tentu untuk mempermudah pendataan keanggotaan Ansor-Banser yang jumlahnya susah diperhitungkan. Dengan program ini, harapannya Pengurus Ansor mempunyai database yang di dalamnya ada klasifikasi atau kategori anggota untuk memudahkan mencari informasi statistik dan penyaluran bakat seluruh anggota.

Kemarin Seniman NU berdiskusi dan mematangkan program dengan tim IT PC Ansor Kabupaten Klaten. Hasilnya sudah hampir final (tinggal eksekusi) sambil menunggu rekapan data dari seluruh Pimpinan Anak Cabang Ansor Kabupaten Klaten. Sistem Informasi Manajemen Organisasi Ansor bisa diakses oleh seluruh pengurus Ansor dan bisa meng-update data anggota. Setelah melakukan diklatsar (pendidikan pelatihan dasar) bagi kader baru Banser dan PKD (Pelatihan Kepemimpinan Dasar bagi kader baru Ansor.

“Semoga ke depan SNU bisa lebih bergerak maju untuk terus berbakti kepada banom-banom NU”. Jelas Gus Ilham yang merupakan salah satu pengurus Ansor dan juga ketua Gusdurian Klaten.

Sistem informasi ini masih dalam tahap pengembangan, dan segera akan  di implementasikan. Mengingat begitu bermanfaatnya sistem informasi ini, SNU pun bergerak untuk menawarkan program ini kepada beberapa banom NU. Temasuk kemarin juga sempat diskusi dengan sahabat Suwanto (Ketua PC Ansor Kabupaten Karanganyar) mengenai Sistem Informasi ini. Selain itu Seniman NU juga akan terus membuka relasi demi kemajuan banom-banom NU dalam menghadapi era tekonologi yang begitu menyebar ke berbagai kalangan.

Demikian yang menjadi salah satu dari banyak tujuan Seniman NU ke depan. Bagaimana kita bisa terus berbakti dan melakukan kepedulian sosial terhadap sesama, khususnya di kalangan NU sendiri.

Baca Juga: SNU Peduli Gempa dan Tsunami

Fokus Seniman NU

Beberapa pengurus kami mempunyai latar belakang masing-masing yang semua mempunyai visi yang sama, yakni menjadi manusia yang berguna bagi semesta alam. Ada tim media yang berfokus kepada website dan media sosial, desain, dan beberapa pelatihan animasi. Bagi yang ingin mengadakan diskusi dengan Seniman NU bisa mengirimkan email kerjasama untuk bisa saling bertukar ilmu dan pengetahuan. Tujuannya tidak lain hanya untuk kemajuan NU itu sendiri.

Harapannya juga nanti bisa mengadakan beberapa agenda yang nyata, bukan hanya sebatas diskusi atau pelatihan online di grup WhatsApp atau Line. Kegiatan bertatap muka tersebut bisa berupa pelatihan media sosial, pengolahan konten, hingga pelatihan kepenulisan. Kegiatan sosial Seniman NU tidak membatasi hanya untuk organisasi atau banom NU. Selama kami menilai kelayakan agenda atau acara, maka kami akan usahakan untuk bisa berbagi ilmu dan pengalaman.

Beberapa agenda sosial juga sedang kita bahas, yang harapannya ke depan bisa menjadi komunitas percontohan untuk senantiasa berlaku indah di masyarakat. Jika ada kritik dan saran, bisa dikirim ke email SNU (redaksi@senimannu.com)

Kebenaran adalah bekal yang diekspresikan menjadi kebaikan dengan tujuan keindahan – Muhammad Ainun Najib


Joko Yuliyanto – Seni tablig Seniman NU